7 Tips untuk Shooting Sepak Bola Efektif

Gretzky mungkin pemain hoki, tetapi kutipannya tentang agen bola terpercaya mencetak gol adalah benar dalam olahraga apa pun – termasuk sepak bola. Banyak siswa di kamp sepak bola dan pesantren EduKick kami mulai dengan ragu-ragu untuk syuting. Kami mengajari mereka memanfaatkan setiap kesempatan. Jika Anda tidak pernah menembak, Anda tidak akan pernah mencetak gol.

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda membuat setiap hitungan tembakan:

Tip shooting sepak bola:

Amati posisi penjaga gawang. Apakah mereka telah meninggalkan celah yang dapat Anda manfaatkan?
Pilih teknik terbaik untuk bidikan Anda. Tembakan sidefoot akan memiliki akurasi yang lebih besar, tetapi sebuah instep (tali) dengan tindak lanjut yang baik akan memiliki kekuatan yang lebih besar.
Letakkan kaki Anda yang tidak menendang di samping bola.
Jaga kepala Anda dan mata Anda pada bola saat mencolok.
Jaga tubuh Anda di atas bola.
Lakukan kontak dengan bagian tengah hingga atas bola.
Pertahankan ketenangan Anda.
Kiat untuk meningkatkan peluang Anda mencetak gol:

Tembak lebar daripada tinggi. Ada peluang yang lebih baik untuk mendapatkan defleksi yang akan salah menjangkiti kiper.
Tembak rendah. Lebih sulit bagi penjaga untuk mencapai tembakan di tanah karena itu lebih jauh bagi mereka untuk melakukan perjalanan. Sangat mudah bagi mereka untuk melompat dan menyimpan, tetapi jauh lebih sulit untuk berjongkok dan mendapatkannya.
Tembak di kiper. Lebih sulit bagi mereka untuk menahan tembakan ini, dan berarti mereka dapat mengalihkan bola kembali ke jalur penyerang lain.
Dimanakah Tembakan Terbuat?
Pernah bertanya-tanya apakah sebenarnya ada “sweet spot” di sebuah tujuan sepakbola? Tempat di mana Anda bisa menendang bola dan itu akan terjadi hampir setiap saat?

Yah, mungkin tidak ada “sweet spot” yang pasti, tetapi sebuah penelitian baru-baru ini melihat di mana gol paling sering masuk ke gawang. Berikut hasilnya:

Kiri Atas: 8 persen
Pusat Teratas: 4 persen
Kanan Atas: 5 persen
Aduh. Seperti yang Anda lihat, memotret tinggi berarti Anda memiliki persentase yang cukup rendah untuk benar-benar mencetak gol.

Kiri Tengah: 7 persen
Middle Center: 8 persen
Kanan Tengah: 6 persen
Meskipun Anda memiliki peluang mencetak gol yang lebih baik jika Anda menembak ke tengah daripada tinggi, peluang masih tidak menguntungkan Anda.

Kiri Bawah: 22 persen
Bottom Center: 21 persen
Bawah Kanan: 19 persen
Lihatlah statistik ini: 62 persen dari semua gol diberi skor rendah. Ini masuk akal karena sangat sulit bagi penjaga gawang, terutama yang tinggi, untuk turun ke tanah. Jauh lebih mudah dan lebih alami bagi mereka untuk melompat tinggi.

Juga, melihat statistik, 67 persen dari gol yang dicetak di sudut versus 33 persen di tengah. Jika Anda menggabungkan dua statistik dan menembak rendah ke sudut, Anda harus memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih besar dalam mencetak gol.

Seperti halnya teknik sepakbola, Anda perlu berlatih jika Anda ingin meningkatkan keterampilan menembak Anda. Untungnya, teknik yang digunakan untuk memotret mirip dengan yang digunakan untuk passing. Jadi Anda dapat membangun dua teknik sepakbola penting pada saat yang bersamaan.

Tapi yang paling penting: Jika Anda melihat tujuannya, tembak!

Nasihat yang satu ini cukup penting untuk ditegaskan kembali: Anda kehilangan 100 persen tembakan yang tidak pernah Anda ambil. Jika Anda melihat kesempatan untuk menembak, ambillah! Satu-satunya cara kiat-kiat ini dapat membantu Anda adalah jika Anda menerapkannya, baik dalam praktik maupun dalam permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *